Popular Post

Saturday 27 September 2014

Catatan Perjalanan Benteng Van Der Wijk, Kebumen


Apa yang terlintas di pikiran saat pertama kali mendengar kata museum? Pasti segalanya berhubungan dengan satu kata yaitu, bosan. Yep. Itu mungkin first impression ketika denger kata museum. Tapi, gue yakin banget kali kalian gak akan ngerasa boring kalo udah mengunjungi satu museum bersejarah Benteng Van Der Wijk, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jadi tuh, waktu tahu kalo gue akan travel ke daerah Gombong, objek wisata pertama yang muncul di search engine Google adalah nama Benteng Van Der Wijk ini. Terus terang, pertama kali lihat dari layar laptop gue udah amaze sama foto-foto bangunannya. Megah dan sangat artistik, sarat dengan unsur vintage khas Belanda. Benteng Van Der Wijk ini jadi penyemangat banget supaya gue beneran berangkat ke Gombong.

Singkat cerita, hari ketiga di Gombong means hari terakhir sebelum besoknya pulang, gue udah ngerencanain untuk mengunjungi Benteng Van Der Wijk yang kabarnya pernah jadi tempat syuting film The Raid 2 ini. Setelah hari pertama dihabiskan di Pantai Karang Bolong , dan hari kedua kami ngebolang ke Nusakambangan , hari ketiga ini gue cuma mau santai-santai sambil beli oleh-oleh ke pasar Gombong. Akhirnya gue berhasil geret Abang berangkat dari rumah sekitar jam 08.00.

Gak butuh waktu lama untuk sampe di Pasar Gombong, akhirnya kami memilih naik becak dari pasar ke Benteng dengan ongkos Rp.10.000, setelah melalui proses tawar menawar tentunya. Kira-kira 15 menit kami sudah sampai di Benteng Van Der Wijk yang sangat sepi. Mungkin karena hari senin ya...

Cukup bayar tiket masuk Rp.8.000 per orang, gue sama Abang langsung keluarin alat tempur untuk mulai taking so much photos :))

Sebetulnya gue yang banyak di foto sih, hahaha!

Mulai masuk dan bertemu dengan jalan beraspal, gue udah berasa lagi di tempat yang keren banget dengan jejeran pohon tinggi-tinggi dan asri. Ohiya, di sisi kiri setelah pintu masuk itu ada semacam penginapan atau hotel deh. Sementara di sisi kanan berdiri bangunan-bangunan vintage yang diisi wahana bermain kayak mobil-mobilan dan mandi bola. Sayang hari itu sangat sepi sehingga cuacanya agak mencekam. Awalnya gue ngira pengunjung hari itu hanya kami.

Berjalan terus, sampailah kami di depan papan tulisan Benteng Van Der Wijk dengan bangunan megah berwarna merah yang keren banget!

Setelah kenyang ambil gambar, gue yang gak tahan sama terik matahari ngerasa bersyukur banget bawa sun glasses, buru-buru ngolesin dulu lotion takut item. Kami pun mulai perjalanan dengan masuk ke Benteng yang ternyata isinya foto-foto dokumentasi. Agak serem sih sebenernya, tapi ya lanjut aja soalnya tempatnya emang indah banget. Oh iya, benteng ini bentuknya mirip segi lima gitu, jadi dia ngeliling, dan di tengahnya lapang dengan pemandangan yang nggak kalah keren!

Sementara itu, di sisi kanan benteng ada semacam kursi kursi untuk duduk dengan posisi memanjang. Juga ada deretan bangku taman di seberangnya yang bisa dipake beristirahat dengan payung payung untuk berteduh. Gue sempet istirahat bentar sambil jajan es dawet ayu disana.

Kalo gue rangkum, Benteng Van Deer Wijk ini berkonsep museum dengan arena bermain anak. Semacam Dufan-nya Gombong kali ya. Hanya dengan versi lebih sederhana. Sayangnya mungkin wahana-wahana itu hanya buka di hari libur.

Gue susah sih sebenernya describe by words, tapi ini ada beberapa foto mudah-mudahan bisa bikin kalian ngerasa lagi ada di sana.


Ini pemandangan pertama segera setelah kalian bayar tiket masuk. Let's see the court!



Dan ini jalan utama sehabis gerbang utama tadi, what a lovely view!



Abang di foto disini, gue yang fotoin mah bagus kan yak!



Ada patung hewan purba ini di sisi kanan, mari pose dikit :))



Ada patung kartun sejuta umat, Spongebob Squarepants!


\

Di sisi kiri ada hotel yang tadi gue omongin. Tapi sangsi sih kalo mau tidur disini. Kebayang ngga sepinya kalo malem kayak gimana? Ho ho ho



Berjalan sedikit, berjejer bangunan tua di sisi kanan. Ada Gedung Diponegoro ini, gak tau sih sebenernya buat apa.



Ini salah satu bangunan tua yang isinya jadi wahana balap mobil mini, semacam bom bom car gitu. Gue udah rengekin Abang pengen main ginian tapi gak ada penjaganya jadi mesti puas fotoin doang.



Mobil-mobil sederhana. Tapi kayaknya cukup seru kalo dimainin anak-anak. Salah satu wisata alam terbuka yang terjangkau :)



Pake lotion dulu cyin!



Here we go! The one and only Benteng Van Der Wijk. Benteng paling megah yang pernah gue liat. Diatas benteng ada semacam kereta wisata gitu, cuma kayaknya hari itu lagi sepi, jadi gak ada penjaganya. Means gue gak bisa naikin itu kereta. Padahal udah kepo pengen liatin view dari atas benteng.



Kami ngerasa lucky banget ngunjungin Benteng di hari senin. Sebab kalo hari libur, pasti bakalan rebutan buat foto di depan papan tulisan Benteng Van Der Wijk ini.





Ada tank di sisi kiri dan kanan sebelum pintu masuk benteng



Pemandangan begitu masuk benteng. Isinya semacam museum dengan banyak benda bersejarah. Ada juga dokumentasi artis yang pernah dateng kesini, juga dokumentasi syuting yang pernah dilakukan disini. Diantaranya The Raid 2, salah satu episode A La Farah Quinn, dan VC Slank entah yang mana.



Salah satu hasil jepret Abang di dalem benteng. Semua pintunya berbentuk begini loh guys. Ada dua lantai museum yang bisa kita kunjungi. Gue gak banyak ambil foto sih di dalem museum karena terlalu anteng nikmatin foto-foto dan baca artikel yang diabadikan disana.




Daan, inilah pemandangan ketika kita masuk ke tengah benteng. Disini terik banget! Alhamdulillahnya cuaca cerah jadi kami bisa ambil gambar dengan hasil yang cukup lumayan. Gue sama Abang langsung gantian foto


 



Percaya nggak percaya, hasil foto-foto diatas itu masih di kawasan Benteng. Kita cukup ngelilingin benteng untuk nemu tiap spot berbeda yang keseluruhannya keren abis! Berasa lagi di Belanda beneran sih ini (kek gue udah pernah ke Belanda aja nih omongannya)



Begitulah sedikit peshare gue tentang Benteng Van Der Wijk. Hope it helpful for you ya guys. Kalo misal mau lihat foto-foto lainnya bisa klik salah satu artikel gue yang dimuat di detiktravel disini

Buat kalian yang mau ngunjungin Benteng Van Der Wijk juga, patokannya mulai di Pasar Gombong. Dari situ kalian bisa naik angkutan umum kol (di Bandung disebut angkot) berwarna merah, sayangnya gue lupa jurusannya apa. Yang jelas ongkosnya sekitar Rp.3.000,- aja. Sementara kalo kalian mau naik becak juga tinggal nawar sama mamangnya, sekitar Rp.10.000-Rp.15.000 aja ;)

Dan ini dia cost yang kami keluarin hari ini


Cost

  • elf dari rumah ke pasar: Rp.8000/orang
  • becak ke Benteng Van Der Wijk: Rp.10.000/becak
  • Tiket masuk Rp.8000/orang
  • lunch bakso dll di benteng Rp.30.000/2 orang
  • becak ke pasar Gombong: Rp.10.000/becak
  • beli oleh-oleh Rp.100.000
  • elf dari pasar ke rumah Rp.8000/orang
  • tiket kereta pulang: Rp.35.000/orang


Total cost day 3 di Gombong:  Rp. 184.000

Jadi kurang lebih cost yang dikeluarin selama di Gombong dengan beberapa tempat wisata itu Rp.472.000 (tidak termasuk penginapan karena numpang di sodara cihuy)

If you ask me, "Nggak sayang itu uang?". I would answer surely No! Percaya sama gue, traveling make you richer! Sampai ketemu di catatan perjalanan berikutnya :)

2 comments:

  1. menambah pengetahuan sejarah
    rekreasi di benteng van der wijck
    terima kasih tutorialnya

    ReplyDelete