Popular Post

Wednesday 8 April 2020

My Intimate Wedding Party (Part 4: Rundown Intimate Wedding)


Hampir dua tahun dari hari pernikahan, Alhamdulillah masih (dan malah semakin) banyak email yang masuk nanyain pricelist, vendor, maupun rundown intimate wedding yang dulu gue selenggarain.
Artinya semakin banyak orang yang tergerak untuk bikin pesta pernikahan yang sederhana, intim, dan simpel. Kabar kurang baiknya, gue sama sekali belum pernah bahas rundown ini. Padahal cukup banyak yang tanya, malahan ini adalah core dari acaranya bukan?
Bisa dibilang acara pernikahan gue dulu bukan pesta. Apa ya, syukuran? Karena acaranya sebenernya cuma akad-makan-foto aja. Plus iringan musik sepanjang acara. Literally hanya akad dan makan-makan sebagai syukuran, tanpa upacara adat sama sekali. Yuk langsung aja kita bahas rundown intimate wedding-nya ya!


Siang itu, gue berangkat dari rumah habis dzuhur, karena emang maunya nikah santai, gausah bangun subuh, ga recok bangunin orang, dandan dari subuh dan sebagainya isn’t my thingy banget. Terlebih ayah yang sakit gak mungkin diajak ngebut kejar rundown dari pagi. Nyampe Tjendana Bistro kita makan siang dulu (ini ga termasuk paket ya jajan aja inimaah). Sementara suami gue yang dulu masi pacar otw sama keluarganya sehabis dzuhur juga dari daerah Antapani.

Jam 2 siang mulai make up sama Mba Fita, alhamdulillahnya waktu itu lagi haid jadi gaperlu nahan wudhu biar bisa sholat. Sementara dekor lagi finishing, suami udah dateng sambil cek ini itu masi pake celana pendek dan sendalan🤣. Kira-kira abis ashar mekap udah hampir selesai. Keluarga yang mekap juga udah siap, udah pada sholat, dan undangan (yang isinya keluarga dan temen deket udah mulai berdatangan). Di undangannya emang ditulis akadnya pukul 15.30 tok. Tanpa embel-embel tulisan resepsinya jam berapa.

Sekitar jam 4 acara dimulai dengan keluarga suami mulai baris rapi di depan pintu masuk Tjendana Bistro, pelan-pelan masuk disambut Ayah Ibu yang kalungin bunga melati, lalu digiring ke tempat yang udah disediain buat keluarga cowok. Selanjutnya ada sepatah-dua patah kata dari perwakilan keluarga cowok, dilanjut sambutan dari keluarga gue dan penyerahan simbolis seserahan.

  



 



Habis itu suami gue, petugas KUA, dan wali+saksi siap-siap ke meja akad. Nggak lama gue keluar dari ruang mekap, pake gimmick dilama-lamain sesuai lagu pengiring biar agak gemey hihihi. Setelah kita semua duduk, acara dilanjut dengan pembacaan al-quran, dan khutbah nikah dari Mbah (adik dari nenek gue). Setelah selesai khutbah, Ijab qabul dibacain, dilanjut tanda tangan buku nikah, penyerahan maskawin lalu ditutup doa dan becandaan bapak KUA. 

  


 


Udah pegang buku KUA dua-duanya, lanjut foto-foto dulu sebelum menangees di sungkeman dan mekap keburu luntur. Abis kenyang foto, siap-siap sungkeman yang dibikin singkat biar gaterlalu banyak nangis-nangis karena gue gamau hihihi. Selesai sungkem ortu dan pengantin berdiri di pelaminan terus tamu undangan mulai salaman dan kasi ucapan. Disambil foto-foto dan salaman, MC umumin bahwa santapan bisa mulai dinikmati dan musik mulai jalan.


 



Sebelum acara dimulai, sore itu kelihatan hujan rintik-rintik. Jujur deg-degan dan senewen banget takut acaranya gagal karena outdoor dan gak siapin tenda (hahaha nekat banget kan tapi entahlah  yakin aja acaranya bakal lancar tanpa pawang ujan :p ). Surprisingly, pas acara mulai tuh ujannya reda dan baru hujan lagi pas banget udah beres akad sampe foto dan salaman, di jam bersamaan juga kumandang adzan magrib jadi sekalian dipake buat break dulu.

Habis itu gue dan mulai jalan-jalan nyamperin temen atau keluarga yang belum salaman. Kalo ada yang mau foto di pelaminan kita baru ke depan, suasananya santai banget pokoknya, Ibu langsung nyamperin temen-temennya terus siap-siap nyanyi (karena udah diincer dari awal mau nyanyi cenah). Tamu pada sibuk makan, foto-foto, ngobrol. Rasio tempat, kursi, dan tamu juga seimbang jadi gak ada desak-desakan ataupun kerumunan. Alhamdulillah semua berjalan lancar. 

Dari awal nikah, salah satu alasan gue mau nikah dengan konsep intimate dan sederhana a.k.a simpel ini juga karena gak mau ribet, gamau keluar uang banyak juga di hari H sebab pasti lebih banyak kepentingan setelah nikah. Di acara gue juga ga ada adat sama sekali karena keluarg emang tidak menganut hal tersebut. Jadi beneran inti acara sesuai yang diwajibkan agama. Awalnya kami sempet ditawarin buat acara lempar bunga (gaboleh sama ayahku), lepas balon (aku gamau karena ga eco-friendly), dan pesta kembang api (bahaya ada adek masi kecil) jadinya acaranya bener-bener intinya aja. Jadi kalo kalian kebetulan ke Tjendana Bistro pas wedding gue saat itu, mungkin gak ngeh lagi ada yang nikah karena pengantinnya mingle, tamunya gak banyak juga hihihi. Mungkin bukan tipe pernikahan yang instagramable tapi sangat sesuai dengan cita-cita dan suami, plus less stress, jam 8 malem udah siap-siap pulang.

Total acara mulai jam 4 dan selesai jam 8. Hanya empat jam saja. Jadi kalo diperjelas, rundown intimate wedding versi gue adalah sebagai berikut:

SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH
Pukul 15.30 – 20.00 WIB

JAM
ACARA
NOTES
ITEM
15.30
CPW dan rombongan sudah berada di gedung (disarankan sebelum Ashar sudah ada di Gedung dan Shalat)


16.00
Orang tua CPW didampingi keluarga dan pembawa baki kalung melati siap menyambut kedatangan CPP dan rombongan di depan Gedung Tjendana Bistro


16.05
CPP dan rombongan tiba di Depan Gedung Tjendana Bistro dan disambut oleh Keluarga CPW
Pengalungan Kalung Melati
1. Baki
2 Kalung Melati
16.15
Seluruh rombongan CPW dan CPP memasuki ruangan akad nikah
Seluruh rombongan, KUA, Saksi

16.20
PEMBUKAAN
·   Sambutan dari Pihak CPP (5”)
·   Sambutan dari Pihak CPW (5”)
·   Penyerahan secara simbolis seserahan dari Ibu CPP kepadaIbu CPW
MC, Pagar Ayu & Pagar Bagus standby untuk estafet seserahan
(Tidak ada Pamulang Asih)
1. Simbolis seserahan

MC menyerahkan tugas kepada pihak KUA
16.25
Wali Nikah, Penghulu, Saksi, CPP, menuju ke meja akad


16.30
CPW Menuju Meja akad


16.35
Pembacaan Al-Qur’an


16.45
Khutbah nikah (10”)


16.55
Ijab Qobul berlangsung, diakhiri dengan doa penutup
KUA

17.05
·   Penandatanganan buku nikah
·   Penyerahan mas kawin
Cincin &mas kawin standby
*pemasangan cincin hanya untuk mempelai wanita saja
1.     Kotak mas kawin
2.     Mahar perhiasan
3.     Mahar uang

“Prosesi Sungkeman dipimpin Oleh MC”
17.15
·   Sesi foto bersama keluarga dan kerabat dekat
·         Prosesi Sungkeman
Pengantin melakukan sungkeman kepada orang tua (*diminta untuk Sungkem tidak terlalu lama)

17.30
·   Ramah Tamah
·   Pemberian ucapan selamat kepada mempelai
·   Santap Malam

Daftar foto terlampir
19.50
Penutupan
MC



Rundown intimate wedding versi gue ini disusun bersama Antiweekend WO yang kooperatif banget dan ngasi banyak insight soal wedding. Di awal kami jelasin maunya 'nikah aja' titik. A Inu sama Aldin (MC-nya) kasi masukan dan jelasin rinci banget jadi gue udah bisa bayangin entar bakalan kaya gimana. Alhamdulillah semuanya sesuai planning. Bahkan hujannya yang gak ada di-rundown pun tidak mengurangi kekhidmatan dan kesuksesan acara. Makasi yaa Aldin dan A Inu (kalian yang suka dateng ke wedding di Bandung pasti pernah/sering liat mereka hihi)


 

Nah buat temen-temen yang lagi planning intimate wedding, mudah-mudahan konsep yang gue share ini bisa membantu kasi referensi atau inspirasi ya. Terimakasi banyak buat yang sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog gue. Oiya kalo mau lihat video weddingnya supaya lebih ada gambaran konsepnya bisa visit:



Seperti biasa kalo ada pertanyaan kalian bisa drop comment atau hit me on email ya!

8 comments:

  1. MasyaaAllah ini mah wedding dream ku banget kak :") intimate, sederhana, santai, msih bisa mingle sama tamu gitu & less stress plus pengantin gk dipajang berjam2 (krn aku orgnya kurang suka jdi pusat perhatiann wkwk) Semoga tercapai aamiinn, bismillah pengen yakinin ortu juga utk nikahan pake konsep kek gini hehe. Thank you so much kak for inspiring

    ReplyDelete
  2. Yeay alhamdulillah kl bermanfaat. Bismillah semoga dipermudah urusannya yaah terimakasih sudah baca tulisanku :D

    ReplyDelete
  3. hay mau tanya, waktu undahnnya hanya 15:30 aja ya tidak ditulis sampai jam 8 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya betul di undangan aku cuma tulis jam mulai aja soalnya ke sananya fleksibel hehe

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Kak contoh penulisan di undangannya gmn ? Aq mau intimate akad tp 2 jam doang acaranya jd bingung nulisnya gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di undangannya tulis gini: bermaksud menyelenggarakan pernikahan putra-putri kami (nama calon mempelai) - yang insya Allah akan dilaksanakan pada Sabtu, 28 April 2018 Pukul 16.00 sampai selesai, bertempat di blablabla. Gitu kak. Kalo ga kebayang boleh email ke aku ntr aku kasi liat undanganku buat referensi ya.

      Delete
  6. hi kakak... thank u.. so inspiring. boleh tauk berapa jumlah total undangan dari kedua belah pihak keluarga ?

    ReplyDelete