Popular Post

Wednesday 4 July 2018

My Intimate Wedding Party (Part 1: Review Tjendana Bistro)

So here I am, as a wife of my love since years ago…






Back to this blog sebagai bini orang! Waw! Waw! Sebelum gue isi curhatan soal persiapan wedding dan perintilannya, gue mau share dulu kemarin vendor yang dipake apa aja dan why do I choose them to be a part of my precious day.
Jadi sejak duluuu banget, cita-cita tentang dream wedding gue adalah menikah murah. Yass! Nikah murah guys. Kalo boleh sih cukup ke KUA aja terus pas udah sah langsung makan-makan di rumah sama keluarga deket dan temen deket. Tapi, semua berubah semenjak negara api menyerang. Ga deng, perlahan gue mulai mengerti kenapa ada orang yang sampe spend banyak banget uang untuk sebuah pesta perkawinan. Tidak lain dan tidak bukan, karena menghargai tamunya. Sehingga mereka keluarin uang buat siapin tempat yang nyaman, WO yang sigap, makanan yang sedap, dekor yang enak dipandang, music pengiring yang merdu, souvenir yang bagus, undangan yang rapi, dipersiapkan pula MUA, attire serta foto & videographer yang bisa menangkap momen.


Tapi setiap orang punya preferensi yang beda-beda menyikapi dan mempersiapkan pernikahan. Gue sama abang, memilih membahagiakan diri dengan mewujudkan impian kami untuk menikah dengan sederhana, dengan upaya maksimal buat menghargai tamu dengan sebaik-baiknya, untuk itu menurut kami konsep yang pas tidak lain dan tidak bukan adalah dengan bikin acara intimate wedding, dengan tema rustic simple kolaborasi warna bumi dan putih.


Selain itu, sebenernya gue ada sedikit trauma soal undang mengundang. Jadinya dibikin supaya tamunya sedikit aja, (tanpa mengurangi rasa hormat) kami pilih keluarga inti, perwakilan keluarga besar, dan temen-temen yang rata-rata deketnya udah di level dewa sampe lebih sering direpotin sama kami :P. pertimbangan lain, karena gue pengen mewujudkan tema putih-putih melati alibaba itu, undangan maksimal 250 pax aja rasanya cukup biar bisa ditanyain dan dipastiin mereka pake baju putih biar temanya makin kerasa. Kurang ngerepotin apalagi coba? Hahaha.
Persiapan awalnya udah pasti ribet dan sangat menguras hati. Tapi kali ini gue mau ceritain dulu vendor-vendor yang kemarin dipake buat intimate wedding kami. Mumpung masih inget dan mudah-mudahan bisa bantu para bride to be yang suka kebingungan menghadapi (pesta) pernikahan. Di postingan kali ini gue mau ceritain dulu Tjendana Bistro, restoran Asian food di Sukajadi yang punya backyard garden biasa disewain buat wedding, gathering, birthday, dst.







Perjalanan dimulai dari pilih venue. Sebagai bocah yang kuliah tiap hari ngelewatin Cipaganti-Setiabudi, gue pernah ngayal kalo nanti nikah mau di Tjendana Bistro ah, karena entah kenapa tempatnya enak gitu adem. So waktu abang ngajak nikah 2016 lalu, Tjendana Bistro ini jadi very 1st candidate for the venue. Kebetulan Januari 2017 ada pameran wedding di Pusdai dan kita dengan clueless-nya nyoba liat-liat. Nemu stand Tjendana terus langsung nyicip makanannya. Ish, enak semua bok! Ulangtahun ke 24 gue pas 2017 kemarin ditanya abang kan mau hadiah apa, then I said mau makan enak. So we choose to breakfasting at Tjendana Bistro sekalian liat-liat.


So how’s the first impression? Cozy, wangi, dan tiis ceuli. Indera penglihatan, penciuman, dan pendengaran langsung dimanjain dengan lampu-lampu oranye yang adem, ditambah aromateraphy di beberapa sudut plus music instrumental yang selaras. Gue sama abang seneng banget sama ambiencenya, ditambah ada ruang terbuka yang dihiasin tanaman, plus kolam kecil dengan gemericik air, bikin gue bertekad harus bisa nikah di sini meskipun saat itu kedengaran mustahil kalo inget space-nya cocok buat intimate wedding, sementara gue sama abang lahir dari keluarga besar dengan anak-cucu-sepupu-tante yang gapernah khatam dihapalin.
Makan berdua dengan kenyang dan mouthgazm di Tjendana Bistro saat itu ngabisin sekitar 200ribuan. Bukan harga yang murah tapi semuanya worth every penny. Tjendana Bistro ini bukan restoran yang cuma instagramable aja, tapi resto beneran yang masakannya seenak itu. Paketan makanan buat weddingnya juga bukan jenis-jenis makanan yang lo bakal sering temuin di catering pada umumnya.


Long story short, Desember 2017, gue sama abang melakukan hal tergila dalam hidup. Siang-siang, hari terakhir pameran catering di Pusdai, kami datengin stand Tjendana Bistro dan booking buat sebelum ramadhan. Tanya tanggal kosongnya berapa aja, dipilihlah 28 April 2018, terus langsung bayar booking fee sebesar 1 juta rupiah.  Ga ada pertimbangan tanggal bagus, yang penting sebelum ramadhan sesuai request mama & ibu, plus setelah tanggal gajian abang hahaha. Baru malemnya Abang kerumah, ngelamar gue ke nyokap-bokap secara resmi J
Jadi, kalo lo mau pake venue Tjendana Bistro, mereka nerapin sistem booking fee minimal 1 juta rupiah, abis itu baru dapet test food buat 6 pax, dengan jadwal yang bisa disepakatin bareng. Nah karena mereka ini restoran, udah pasti makanannya wajib dari Tjendana, mas-mas dan mba-mba. Gue beberapa kali nerima dm di ig yang nanya apa cateringnya harus dari sana? Yaiyalah malih. Nah ada beberapa macem pilihan harga per paxnya di Tjendana Bistro. Mulai dari120ribu++ sampe 200ribu++(plus pajak 15% ya) tergantung jenis appetizer, main course, vegetables, soup, drink, dessert, food stall, dan budget yang siap lo keluarin buat menjamu tamu.
Selain dapet makanan dan jatah venue sekitar 5jam buat acara, harga segitu juga include sound system standard buat akad, meja kursi buffet dan buat makan, listrik udah aman buat wedding band gelar panggung, parkir, keamanan, plus kebersihan kena biaya 500ribu sajaaa. Dekor gimana? Nah buat dekor tentu saja ngga termasuk. Gue awalnya dengan polosnya mikir yaudasi nikah di Tjendana gausah pake dekor orang tempatnya udah bagus, ada backyard garden juga tapi ternyata salah besar! Dekornya tetep perlu pake yang simple-dan-minimalis biar keindahan venuenya juga ga ketutup.
Di Tjendana Bistro sendiri, buat makanannya mereka pake sistem hitung piring. Terus enaknya di sini, semua makanan yang lo order itu jumlahnya 100%. Catering wedding biasanya punya hitungan beda-beda buat makanan, ada yang 70% di buffet, 30% stall, ada juga yang 100% buffet dan 25% stall, atau itungan lainnya yang bisa disesuain. Nah kalo di Tjendana, 100% buffet, juga 100% untuk tiap stall dan dessertnya. Lumayan banget kan, gausah terlalu pusing ngitung persentase atau takut keabisan. Kemaren kami pesen buat 250 pax tuh, jadi dapetnya 250 piring di buffet, dan masing-masing 250 piring di tiap stall dan desserts.
Soal kapasitas venue sendiri, gue ga terlalu hapal sebenernya. Yang jelas, semua ruangan pas acara itu full buat kita pake, plus ada 3 ruang VIP buat dandan atau istirahat keluarga/vendor. Tapi kalo gue boleh saran, Tjendana Bistro ini cucoknya buat intimate wedding yang tamunya ga lebih dari 300 orang biar ga sesek dan biar ambience-nya tetep kerasa. Gue pilih waktu akad sesorean abis ashar, biar dapet langit sore plus kebagian juga suasana malem dengan suasana romantic dari lampu-lampu kecil yang hits banget itu.
Paket yang gue sama abang pilih kemarin terdiri dari Rujak Cakwe Mangga, Gurame Cabe Hijau, Bistik Ayam Jawa, Kailan Saus Tiram, Soto Betawi, Es Selendang Hijau, Es Cendol Green Tea, Ice Cream Scoop, Sate Ayam+Lontong, Kwetiau Tom Yam, dan tentu saja nasi plus air mineral dan lemon tea yang udah termasuk dalam paketannya. Sengaja kami pilih menu yang ngga pasaran supaya tamu yang datang seneng dan gue sama abang emang pengennya bisa menjamu tamu sebaik mungkin. Alhamdulillah banget, acaranya lancer, semua tamu kebagian makanan malah bersisa, dan semuanya kompak bilang makanannya enak. Bahagia dobel-dobel!
Oke deh, segitu dulu aja review dan sharing tentang pilih vendor, khususnya venue outdoor buat intimate wedding di Bandung.
Semoga ga ada yang kelewat ya, yang mau tanya boleh langsung leave comment di bawah

List Vendor (ig account): 
Invitation: @paperina.id 
Venue: @tjendanabistro
WO: @antiweekendweekendclub 
MC: @aldinaldin 
Photo & Videography: @javaphotography 
Make up: @fitaangela 
Attire: @fitaangelabrides 
Venue & Mahar Decor: @joyetfleurs x @fflorash 
Hand bouquet: @ranii.rahma 
Music: AntiWeekend Music



12 comments:

  1. ini abis budgetnya berapa mba, dan dekornya pake siapa vendornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekornya itu udah ditulis Venue & Mahar Decor: @joyetfleurs x @fflorash

      Delete
    2. Boleh infoin budget berapa, terima kasih

      Delete
    3. hi boleh email ke saya ya utk tau pricelist di firdabilqis@gmail.com

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete