Popular Post

Friday 6 July 2018

My Intimate Wedding Party (Part 2: Review Fita Angela MUA)

Setelah postingan part 1 kemarin bahas vendor catering+venue (yang belum baca bisa cek di sini)






Sekarang giliran bahas vendor yang pasti paling bikin para bride to be excited. Yay! Make up artist!
Seseorang yang kalian percaya bisa bikin kalian cantik di hari bersejarah dalam hidup. Cantik di sini silakan definisikan sendiri ya, ga ada pakem atau aturan baku di kawinan lo mau kaya gimana. Apakah mau make up bold ala western? Korean look? Barbie look? Manglingi? Atau tipis ala Meghan Markle?


Bagi gue pribadi, dalam suatu pesta pernikahan, selain catering dan venue yang nyaman, make up dan attire adalah hal yang gak boleh gagal. Kebetulan dengan hype nya tren make up serta MUA beberapa tahun belakangan, bikin gue paham betul seperti apa muka gue mau didandanin pas hari H. Gue cuma mau keliatan mukanya bersih, warnanya rata, merah-merah dan dark spot bekas jerawat ketutup, intinya warna mukanya pengen bersih karena kalo tekstur muka mah ga bisa ditutupin ya jadi terima aja karena hal kecil kaya gitu ga begitu gabisa diubah dalam sekejap dan kalo dipikir-pikir gak ganggu apalagi bikin nikahan lo gak sah. Selain itu, gue selalu ingin nutupin uneven eyelids, dan para MUA biasanya udah tau fasih paham banget gimana ngatasinnya. Selain make up, gue pengen pake pakaian simpel yang ngga bikin migren atau sakit badan. Semua kriteria tersebut tentunya dengan budget sesuai dan sesanggup kami mampu dan mau keluarin.




Ngga terlalu sulit nemuin MUA dengan karakteristik yang gue pengen, beberapa udah ditandain buat jadi pilihan. Suatu hari, randomly gue liat postingan make up Mega Iskanti pas pengajian, dan itu bagus banget. Flawless tapi ringan banget, hasil karyanya Fita Angela. Ga pikir panjang gue langsung follow dan cek pricelistnya. Cocok! Masukin list nomor satu deh udah.

Setelah booking venue di Tjendana, gak buang waktu banyak gue langsung tanya apa Fita Angela bisa make up-in tanggal 28 April, untuk acara akad karena acara gue ga pake resepsi yang ganti baju dulu diselingi upacara adat, dan yang didandanin cuma pengantin perempuannya aja (tanpa ortu, mertua dan pager-pageran). Sambil nunggu balesan gue sempet tanya-tanya Danikadavisca, Miasofia, dan Riskiicanmua yang hasil make up nya juga cukup sesuai sama gue.

Tapi karena dari awal maunya Fita Angela, begitu dibales katanya bisa, langsung cus deh gapikir panjang DP in dari bulan Desember 2017. Saat itu gue juga coba tanya buat bajunya, cuma karena satu dan lain hal baru bisa cek baju setelah bulan Januari (ini agak lupa soalnya chat di line nya hilang jadi maafkan kalo ada ketidaksesuaian waktu). Sambil nunggu availability-nya Fita Angela, gue sama Abang sempet cek ke beberapa tempat yang nyewain baju nikahan, ada yang sempet nyobain satu doang karena katanya kalo  mau coba yang lain harus langsung DP (oke baiklah aku no aja), ada juga yang cuma tanya-tanya harganya aja tapi ga masuk budget jadi blass aja bye.

Cari baju dan make up ini agak-agak riskan ya menurut gue, karena baju terutama tuh cocok-cocokan. Ada yang dipake patung atau orang keliatannya bagus tapi pas dipake ke badan kita bikin bantet, atau jatohnya ga bagus di warna kulit, dan sebagainya. Kalo soal make up, Thanks God sama Fita Angela ini udah termasuk test make up , biasanya dua minggu sebelum hari H. Bermanfaat banget biar MUA nya tau kondisi wajah kita, terus kitanya juga bisa diskusi soal request dan hasil make up misalnya ada yang pengen disesuain lagi. Test make up ini jadi katalisator gue banget-(elaah sosoan pake istilah begitu padahal terakir belajar biologi dan kimia aja dapet C HAHAHA)-balik lagi ya test make up ini jadi hal yang bikin gue pilih Fita Angela aja karena yang lain ga termasuk test make up (bisa sih tapi bayar lagi huhu)

Setelah keliling kesana kemari, bulan Februari kalo ga salah, akhirnya kami bisa main ke galerinya Fita Angela buat liat baju yang kira-kira cocok. Gue sempet nyobain 2 model baju, warna coklat dan putih. Meskipun awalnya ga mau banget pake warna putih karena takut keliatan gendut banget, berhubung baju yang dicoba gemesin juga akhirnya gue putusin buat pilih itu aja sekalian booking jas buat abang. Tapi karena nyoba setelan jasnya ga ada yang muat, jadinya kita jadwalin buat janjian lagi nunggu stock jas yang lain kali aja cocok.


Alhamdulillahnya bulan Maret ketemuan lagi, dan karena jas yang dicobainnya juga gak pas ukurannya, Mba Fita nawarin buat bikin baru, dengan warna cokelat. Gue concern banget sama bajunya Abang karena gamau keliatan cantik sendiri tapi pengantin cowonya asal-asalan gitu kan, jadi pas milih warna juga gue tanya Abang maunya apa dan pantesnya pake apa, Mba Fitanya kooperatif banget bantuin pilih warna dan Alhamdulillah kami cukup puas sama hasilnya. Oiya buat setelan jas cowo ini udah termasuk dasinya, kalo kemeja plus sepatu bawa sendiri. Kalo buat pengantin cewe dari atas sampe bawah disiapin ya termasuk manset dan korset.




Sejujurnya, milih MUA ini cukup tegang juga. Soalnya tipe make up yang gue pengen itu, let’s say yang ringan tapi flawless ya, gatau kenapa kok kaya emang itu para pengantinnya udah cantik dari sananya gitu loh guuuys. Lalu hamba yang Cuma remahan makroni ngehe ini kan jadi agak gimana ya, mana gue ga ada ngebudget buat treatment ke salon dan lain-lain karena selain susah cari waktunya, agak parno aja kalo make produk baru ke muka gimana kalo ga cocok terus malah jerawatan kan yhaa. Jadi gue maksimalin aja skincare harian, plus rajin eksfoliasi dan maskeran. Mba Fita juga ngasi tau sebulan sebelum hari H itu stop makan gorengan dan pedes-pedes (oh my god ini cintaku banget padahal). Jadilah dari Maret itu gue cuma bisa ngiler liatin yang makan keripik pedes atau sambel.

Alhamdulillah wa syukurillah, waktu test make up sama Mba Fita gue sampe kaget sendiri gitu liat hasilnya, karena ngga menor tapi wow! Kaya bukan gue tapi gue (gimana ya semacam jadi versi terbaik tercantik dari muka kita sendiri), Cantik! (ini bukan lagi muji diri sendiri tapi sedang mengapresiasi karyanya Fita Angela ya J). Sesi test make up ini juga jadi momen yang pas buat gue ngobrol sama Mba Fita, biar ga canggung gitu kan karena kita harus bekerja sama dengan MUA biar sama-sama enak, diskusi enak, MUA kerjanya enak, hasilnya juga cucmey.

Ini hasil test make up-nya. Gemes ga sih bagusss!

Gue sering baca caption MUA yang rata-rata curhat nemu client yang cerewet requestnya ini itu, atau lebih parah request di luar aliran MUA nya. That’s whyyy gue saranin banget dari awal, know yourself, know what you want & need. Kalo lo pengen make up nya ala Korean look, jangan hire MUA yang alirannya tradisional atau western, jangan paksa MUA bereksperimen di hari H karena itu riskan banget IMO. Selain itu, kalo lo tau lo ga cocok sama gaya make up MUA itu, ya jangan di-hire, sekalipun terpaksa, mending cari lagi deh, atau kalo mentok ya terima aja. In case lo emang ada request, sampaikan dengan sopan, jangan maksa (karena MUA lebih tau lebih ngerti that’s why they become MUA right), dan satu lagi, kalo bisa jangan request A B C D di tengah-tengah sesi , begitu ya sayang-sayangku.



Dengan menjalin kerja sama yang baik dengan MUA, insya Allah hasilnya juga bakalan memuaskan, dan ini baiknya diterapin juga ke vendor-vendor lain. Biasain terbuka sama vendor, kalo dari awal ga cocok diajak discuss, atau udah ada yang bikin ga srek, baiknya cepet diatasin dengan dibicarain atau ganti vendor aja sekalian sebelum nanti makin banyak ujian datang. Iih ko gue jadi ceramah gini ya, dah ah balik lagi pas dimekapin hari H :p

Mba Fitanya dateng on time sesuai janjian. Terus sebelum mulai didandanin, muka gue dibersihin dulu, discrub dulu sambil dipijit-pijit. Selama make up kita ngobrol santai bareng teamnya Mba Fita juga, plus dipakein kutek (boleh dipake boleh engga), beneran ngerasa jadi ratu sehari, tinggal duduk, nunggu didandanin, cantik deh. Make up yang di pakenya dari high-end brand semua, mulai dari Estee Lauder, Bobbi Brown, MAC, Benefit, Nars, you name it.



Teamnya Mba Fita juga termasuk sama hijab/ hair do, kita bisa kasi referensi maunya dipakein kerudung gimana, kalo sesuai langsung deh dipasangin. Waktu itu gue request pake kain tile lagi meskipun udah pake cape dan sukaa banget sama hasilnya. Nah kalo kalian ambil paketan akad+resepsi, MUA nya standby sampe selesai akad buat touch up, karena gue ambil akad aja jadi selesai make up akad ga pake touch up lagi. Sempet deg-degan kalo mewek gimana nih muka, gataunya tahan lama banget ga geser padahal muka gue berminyak banget, plus acara gue kan mingle ya jadi jalan-jalan kesana kemari sampe acara selesai jam 9 malem (selesai make up dari jam 15.00-an) itu muka masih cantik aja gusti nu aguung masya Allah. Beneran worth it! Terimakasih sekali lagi Mba Fitaaa <3

Di bawah gue masukin foto-foto pas malem ya, setelah akad-nangis sungkem-salaman-foto-mingle

Ini pas sungkem sama Papa

   


   
Okedeh bride to be, kayanya udah cukup panjang ya ini tulisannya, seperti biasa kalo ada yang kelewat boleh leave comment ya.

P.S. Kalo mau tanya pricelist kalian bisa add line nya Fita Angela aja, di situ ada shortcut otomatisnya buat tau harga terbaru. Happy hunting!



No comments:

Post a Comment