Popular Post

Saturday 28 October 2017

Catatan Perjalanan: Green Canyon & Pangandaran di Januari 2017

Long time no blogging…
Kali ini gue mau ceritain perjalanan kemarenan sempet ikut trip rombongan kantor mamanya Melati ke Pangandaran. Seumur-umur baru pernah 3x doang main ke Pangandaran. Agak kurang tertarik sebab selain jauh, pantainya juga kurang cantik. Berhubung diajakin Melati buat nemenin dan gratisan juga, jadi kenapa tidak? Hahaha.

Nah perjalanan dimulai tanggal 28 Januari 2017 pukul 00.00. Yap betulan tengah malem, biar sabtu pagi udah sampe lokasi. Perjalanan dengan 1 bus kecil berisi sekitar 30 orang ini memakan waktu cukup lama, sekitar 9 jam. Jalanan arah Pangandaran saat itu cukup macet, soalnya barengan sama libur Imlek 2017. Kira-kira pukul 09.00 pagi baru sampe kawasan Green Canyon. Lumayan pegel juga kurang lebih 9 jam duduk nambru di bis. Pantat makin tepos aja nih.

Sehabis sarapan pagi, rombongan langsung antre untuk masuk Green Canyon alias Cukang Taneuh. Harga tiketnya IDR 200.000 per perahu, yang bisa diisi oleh maksimal 6 orang. Jadi kalo kalian mau kesana, bagusnya sih rombongan kelipatan 5 atau 6 biar ngga mubazir. Nah dengan tiket tersebut kita bakalan naik perahu terus jalan-jalan gitu liat pemandangan Green Canyon yang saat itu warna airnya lagi ijo banget. Cakep deh pokoknya.

Me & Melati siap-siap nyemplung

Misalkan kalian pengen berenang, bisa tambah IDR 100.000 lagi per perahu buat basah-basahan sampe Batu Payung. Ituloh tempat biasanya orang-orang bisa loncat dari batu ke sungainya. Waktu itu gue sama Melati ngga nyobain loncat sih. Antara males dan takut (CIE SOK BERANI). Nah kalo belum puas berenang sampe situ, bisa extend lagi dengan nambah IDR 200.000 untuk sampe ke ujung katanya ada kolam putri apa bidadari ya, airnya juga katanya lebih tenang dan dingin. Berhubung waktu itu lagi pergi serombongan dan takut kelamaan jadi kita cuma berenang sampe Batu Payung aja. Nah biaya tambahan di atas bisa dibayar ke mamang perahunya atau ke bagian ticket sebelum naik perahu, which is lebih murah kalo kalian pilih trip kumplit sampe kolam bidadari dan bayar di bagian ticketing. 



Kenyang berenang dan main air, waktunya hal paling malesin sedunia yaitu mandi di kamar mandi umum. Seperti biasa gak bisa berharap banyak sama fasilitas umum satu ini. Harga sekali pake toiletnya agak tinggi saat itu, sekitar 4-5 ribu. Lumayan lah buat nebeng bilas atau ganti baju, mandi bersihnya di penginapan aja.

Sekitar pukul 12.30 rombongan cabut menuju penginapan yang udah dibooking sebelumnya, yaitu ‘De Ibeel’ yang lokasinya ada di Jalan Pramuka Pangandaran. Penginapan De Ibeel ini cukup bersih, bangunannya baru jadi masih terawatt dan kinclong. Terdiri dari sekitar 10 kamar saja, tiap kamar ada AC, kamar mandi di dalem dan ada cermin di kamar maupun kamar mandi. Airnya bersih, ada shower dan toilet duduk. Kamar yang gue tempatin dapet 2 queen bed jadi bisa diisi berempat atau berlima kalo lo kurus kaya Pevita Pearce.

Buat harga kamarnya, sayangnya gue ngga tau dan ngga sempet nanya. Tapi di dinding depan bangunan ini ada poster yang nunjukkin penginapan ini bisa dibooking lewat situs booking online. Ceki-ceki disitu aja ya. Oh iya kalo untuk yang bawa kendaraan, penginapan ini muat sampe 2 mobil, kalo bus jelas kan ya harus parkir di area yang udah ditentuin. Bagus juga sih nih sistemnya, biar jalanan ngga terlalu semrawut. Ada bus, mobil, orang jalan, sepeda tandem, mobil goes, belum motor ATV dan betrix. Lengkap sudah J

Setelah sampe penginapan, ketebak lah ya, sehabis mandi langsung cus… Tidur! Cape gila abis duduk di bus berjam-jam dan berenang di Green Canyon, enaknya emang langsung bobo cantiq di penginapan. Sesorean barulah gue sama Melati dan Ibu Bapaknya jalan ke pantai barat. As you can imagine, pantainya penuuuuh banyak banget manusia. Satu hal yang baru gue ngeh, di Pangandaran banyak banget tukang bubur ya! Ngga lama main di pantai, abis itu balik ke penginapan soalnya cuaca mendung dan mulai turun gerimis romatis.

Agak maleman sehabis maghrib, kami cari makan ke daerah pantai timur, ceritanya mau makan seafood. Subhanallah semua rumah makan penuh sesek dan sibuk. Beberapa kali coba order tapi ngga tahan akhirnya cari rumah makan yang agak ‘sepi’. Akhirnya dapet rumah makan "Tunas Rejeki". Malem itu kami order udang berukuran sedang dengan harga IDR 120.000 per kg nya, plus ikan bawal dengan harga sama. Harga segitu udah mateng plus dibumbuin ya. 

Tinggal siapin duit buat nasi dan minumannya. Total makan ngabisin cost IDR 150.000 untuk berempat dengan udang yang masih kesisa banyak banget (beli udang dan bawalnya ½ kg, dijadiin udang saus tiram dan ikan bawalnya di goreng kering, 4 nasi dan 4 the tawar). Murah kan? Sayang makanannya ngga sempet difoto karena udah keburu laper. Buat rasa sih so-so aja ya ngga gimana banget but not bad lah. Nah buat yang mau coba makan seafood biar ngga kebanyakan atau kekurangan, pokoknya hitungannya, kalo makan berempat beli seafoodnya per setengah kilo aja, beli 2 macem jamin pasti cukup kok. Kecuali perutnya segede alaihim gambreng.

Beres makan cuss balik ke penginapan sambil liat-liat ikan jambal roti oleh-oleh khas Pangandaran. Ikan jambal roti dan ikan gabus dibanderol sekitar IDR 25.000-45.000 an paling murah. Buat harga daster atau celana pantai juga ngga jauh dari IDR 30.000-50.000 tergantung bahan, model, sama skill kalian tawar-menawar :D

Besokannya, pagi-pagi abis sholat shubuh kami capcus ke pantai timur, ceritanya mau liat sunrise. Sayang langitnya ketutup awan jadi mataharinya juga ngga terlalu kelihatan. Gue sama Melati balik buat cari sepeda tandem sementara rombongan lain main-main di pantai. Satu hal yang bikin bahagia di Pangandaran tuh Cuma sepeda tandemnya aja. Harga sewa sepeda tandemnya tergantung sama banyaknya rider, kita yang berdua kena harga IDR 20.000 dengan durasi sewa maksimal 2 jam, gitu juga kalo naik sepeda tandem bertiga, kena harganya IDR 30.000 untuk durasi serupa. Lain lagi kalo sewa sepeda Betrix, harganta IDR 50.000 perjam dan harus naro KTP sebagai jaminan.

Pukul 12.00 rombongan naik bus dan siap balik ke Bandung, pas banget lagi macet-macetnya barengan kayanya se-Pangandaran balik semua tuh. Di perjalanan kami berenti di pom bensin untuk shalat dzuhur & ashar, dan berhenti di masjid cantik bernama “Masjid Hidayatul Muna” untuk sholat maghrib & Isya. Subhanallaah, mesjidnya bagus, niat banget bikinnya kayaknya. Saat itu cewe sama cowo sholat di tempat yang berbeda. Melewati tangga di mana di tiap 2 undakannya ada cetakan daun yang apik banget. Airnya dingin seger, ada kolam ikan buat terapi juga. Ada poster bertuliskan pengumuman yang isinya tiap sehabis shalat Jumat bakal ada hidangan buat jamaah. Masya Allah, kagum banget beneran kalo liat orang-orang kaya terus sholeh gitu tuh.

Sekitar pukul 19.30 perjalanan dilanjut lagi. Alhamdulillah sekitar pukul 23.00 nyampe Bandung. Hampir 12 jam ya perjalanan Pangandaran-Bandung. Selain karena berenti-berenti cukup lama, jalanan juga macet dan padet karena emang lagi musim liburan. So buat kalian yang mau ngetrip ke Pangandaran atau Green Canyon juga, persiapkan matang-matang dari mulai itinerary, tanggal keberangkatan pas musim liburan apa engga, karena ngaruh ke cost dan lama perjalanan, plus last but not least, jangan lupa simpan sampahmu pada tempatnya ya!


P.S. Foto menyusul ya, masih ngubek-ngubek dimana naronya L

No comments:

Post a Comment