Popular Post

Thursday 11 September 2014

Angkot Oh Angkot, Antara Cinta dan Benci

Hari ini bukan kali pertama gue diturunin sama supir angkot. Bukan diturunin biasa, melainkan diturunin saat belum sampai tempat tujuan. Tapi yang lebih parah, hari ini gue diturunin sama supir angkot sampe 2x dengan angkot yang berbeda! Jadi begini kronologisnya...

Gue yang seperti biasa udah lemes dengan muka berminyak mirip penggorengan dengan minyak jelantah, naik angkot Lembang-Ciroyom yang segede gaban itu dari depan kampus menuju rumah tercinta. Angkot melaju seperti biasa, dengan kecepatan yang tinggi dan kemudian bisa tiba-tiba mengerem ketika ada penumpang yang mau naik atau turun. Kadang gue bingung deh kenapa juga supir angkot ini memacu kendaraannya ngebut-ngebut. Toh takdir angkot ini kan mencari dan menurunkan penumpang di tempat tujuan yang notabene tidak tentu penghentiannya, kok supir angkot ini malah ngebut-ngebutan kadang sewot kalo ada penumpang minta stop (?)

Asumsi awal, gue udah pede ngga akan diturunin di tengah perjalanan karena biasanya supir angkot Lembang bakal keluar jalur di dua titik, pertama di belokan bubur H. Amid di seberang SMK N 12, dan di belokan Jl. Aruna seberang Patung deket Bandara Husein. Supir masih jalan terus sampe tiba-tiba kami diminta turun tepat di seberang SPBU Padjajaran deket patung yang tadi gue bilang. Seketika langsung bete gue mana mamang supirnya (kayaknya) seumuran dan sok ganteng dengan kacamata cengdem nya. Padahal hari kan udah sore, ngapain lu pake sun glassess? Tentu aja kalimat barusan cuma gue gumamin dalam hati. Udah insyaf ribut sama supir angkot :))

Then gue pasrah deh ya diturunin, berusaha ngerti juga karena angkot cuma berisi 4 orang, mana jalanan macet banget pasti tuh supir bocah males dan bakal ngerasa rugi. Kemudian agak lama nunggu akhirnya dapet juga angkot Sarijadi-Ciroyom, segera gue naikin dan sesegera itu pula gue nyesel sebab isinya anak-anak SMP bau asem khas bocah yang sangat berisik, cowo-cowo krucil ini bener-bener bikin gaduh angkot!

Sialnya, nggak lama dari gue naik, itu bocah-bocah turun persis di deket taman sebelum rel kereta stasiun Andir. Otomatis angkot kosong dong, dan lagi-lagi supir angkot Sarijadi ini memaksa penumpang sisanya untuk turun. Gue sih langsung cabut aja males bayar, mana bete karena baru aja diturunin angkot Lembang, eh udah diturunin lagi angkot Sarijadi. Ibarat luka hati, belom juga kering eh udah disiram lagi, ya perihnya tuh disini *nunjuk pantat* 

Skip skip, finally gue bisa sampe rumah dengan selamat. Hanya pengalaman ini ngasih gue beberapa pemikiran. Entah kenapa gue ngerasa makin ngga nyaman naik angkot kalo keadaannya terus-terusan kayak begini. Jelas gue ga bisa blame mamang angkot yang nurunin gue atau penumpang lain tidak paa tempatnya. Mereka pun mungkin ngga ingin, tapi keadaan angkot yang hampir selalu sepi, ditambah jalanan macet, dan naiknya harga BBM mungkin merugikan mereka supir angkot yang tiap hari harus setor sama bos-bosnya.

Fenomena jalan macet-angkot sepi-masyarakat pake kendaraan pribadi-jalan makin macet-angkot makin sepi ini mungkin lingkaran setan yang akan sulit diurai dan diputuskan. Gue sebagai angkoters sejati yang udah naik angkot dari SD sampe sekarang lagi kuliah, udah kenyang ngalamin pahit manis cinta benci nya naik angkot. Gue udah ngalamin banyak fase adaptasi sama kendaraan umum ini. Mulai dari adaptasi dengan sesaknya angkot sampai lamanya ngetem karena kini angkot udah sangat jarang disesaki penumpang. Gue juga sampe bisa mengenali gelagat para copet-copet yang akan beraksi di angkot. Saking gue kenyangnya ngangkot, Bro!

Akhir-akhir ini gue juga harus adaptasi dengan kenyataan (duileh!) bahwa kita gak bisa berbuat banyak kalo kita naik angkot dengan tujuan A, tetapi harus berhenti di tengah perjalanan dan menyambung dengan angkot lain, yang otomatis menambah ongkos perjalanan, atau mungkin juga bikin telat. Kita dipaksa untuk mengerti bahwa supir angkot memperhitungkan setoran yang gue bilang tadi. Tapi kadang, kita juga susah untuk excuse sama hal beginian, ditambah attitude supir angkot yang kadang menurunkan penumpang dengan 'tidak terhormat'.

Gue pernah lempar duit sama supir angkot, karena dia nyeramahin untuk jalan aja dikit dek orang udah deket-ketika gue diturunin padahal baru 5 menit naik tapi masih ditagih ongkos. Gue juga pernah naik angkot yang supirnya ugal-ugalan sambil marah-marah karena sepi penumpang dan jalanan macet. Bahkan, gue pernah naik angkot yang supirnya terang-terangan nyindirin terpaksa jalan terus karena gue 'ngagokin pake mau turun di A segala'. Sometimes gue pengen debatin mereka, kami penumpang ini kan bayar? Bukan nebeng?

In another side, gue juga pernah ketemu bapak supir yang minta maaf karena menurunkan gue tidak pada tujuan, dan tidak meminta ongkos. Atau bapak supir yang woles aja ketika macet, sepi penumpang, bahkan hanya membawa satu penumpang tanpa ngetem! As we known, hidup ini memang balance. Semuanya serba berpasang-pasangan. Ada si baik ada si jahat. Ada yang mengeluh ada yang bersyukur. Ada yang mampu ada yang tidak. Ada yang beruntung ada yang diuji. Kita mungkin gabisa pukul rata bahwa semua supir angkot itu disappointing, atau kebalikannya. Gak bisa. Hidup ini relative.

Satu sisi,  gue masih ingin atau malah akan selalu pake angkot ini apapun keadaannya. Gue juga masih berharap one day, angkot-angkot ini bisa lebih dibuat nyaman supaya penumpang juga kerasan untuk pakenya. Sekarang kita kan gak bisa juga nyalahin penumpang angkot yang pindah jalur untuk pake kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat, yang otomatis menambah volume kendaraan di jalan, menyumbang polusi di udara, sementara jalan tidak pernah benar-benar tumbuh, nambah macet atau sebagainya. Mungkin mereka pengguna kendaraan pribadi punya alasan sendiri. Kita gaboleh judge.

Terus apa gunanya gue nulis artikel ini? Bukan, bukan buat blame supir angkot, atau pengguna kendaraan pribadi, atau pemerintah. Bukan. Gue masih berusaha berprasangka baik sama mereka semua. Mungkin supir angkot butuh sedikit pembekalan, mungkin pengguna kendaraan pribadi memang terpaksa bawa mobil/motor karena rumahnya tidak dilalui kendaraan umum, mungkin pemerintah sedang menyiapkan sebuah solusi, atau mungkin sudah memberi solusi hanya saja kita masyarakatnya terlalu sulit buat di gerakkan. Mungkin.

Gue cuma berharap, mudah-mudahan dengan atau tanpa membaca tulisan gue ini. Kita semua bisa berbuat sesuatu di posisi kita masing-masing. Buat para pemilik atau juragan angkot, bolehlah itu supirnya dikasih pembekalan biar agak ramah dikit kayak supir taxi. Buat supir angkot bolehlah kerja profesional dengan bawa kendaraan sesuai trayek. Buat pengguna kendaraan pribadi bolehlah kali-kali naik kendaraan umu kali aja pegel tiap hari nyetir. Buat pemerintah, ya bolehlah bantu carikan solusi supaya kota Bandung ini tidak semacet dulu, dan supir angkotnya bisa sejahtera biar hatinya tentram dan bekerja dengan lebih baik...

Sekecil apapun itu, sesederhana apapun itu, barangkali akan sangat berguna buat kelangsungan hidup bermasyarakat. However, gue kangen naik angkot dengan nyaman, gue kangen kota Bandung tercinta ini yang jalannya tertib dan nggak macet, gue juga kangen saat-saat berebutan angkot dan pulang bareng temen-temen. Last, gue masih menyimpan harapan kalo kota Bandung bakal punya public transportation yang bermutu dan memanjakan warganya.


No comments:

Post a Comment