Popular Post

Tuesday 2 September 2014

Catatan Perjalanan Pulau Nusakambangan, Cilacap

Hari kedua di Gombong gue dan Abang udah ngerencanain trip ke Pulau Nusakambangan, Cilacap. Setelah mengorek informasi dari internet dan warga setempat, gue dan Abang sepakat untuk berangkat jam 07.00 dari rumah menuju Pasar Gombong. Gak lupa gue bawa segala perabotan selfie, dompet dan air mineral karena udah kebayang bakal haus banget.  Sodara gue bilang bakal makan waktu sekitar 3 jam lancar dari rumah ke Cilacap, untuk kemudian menyebrang dari pantai Teluk Penyu ke Pulau Nusakambangan.

Jam 07.00 gue sama Abang udah stand by nunggu angkot, sialnya itu angkot nggak muncul juga padahal udah 30 menit gue mejeng. Akhirnya gue dan Abang jalan dikit sambil nunggu angkot dateng. Alhamdulillah angkotnya dateng pas jam 08.00-an. Gue dan Abang langsung ambil posisi nyaman di deket pintu. Kali ini angkot yang kami tumpangi memasang tarif ongkos di pintunya, dengan biaya termahal adalah Rp.8.000 untuk perjalanan Gombong-Karang Bolong. Fyuhh, berati kali ini gue ga akan ditekuk harga lagi sama mamang angkot.

Baru setengah perjalanan, angkot ini menepi dan supirnya turun untuk ngopi. Meninggalkan gue yang bengong sementara Abang asyik tidur sambil mangap. Daripada bosen gue keluarin deh tuh make up tools buat ngaca-ngaca dikit kali aja alis gue kehapus atau eyeliner gue smudging. Gak berapa lama Abang bangun dan langsung turun buat ambil gambar. Gila nih supir, masa ngetem sampe setengah jam!

Hal yang bikin gue kagum sama suasana di angkot adalah, hampir semua penumpang saling tegur sapa, bahkan ada yang saling kenal dan berbincang tentang banyak hal. Kernet angkotnya juga sesekali membantu ibu-ibu yang membawa barang banyak. Meskipun mereka ngobrol dengan bahasa jawa kental, gue bisa ngerasain kalo mereka memang akrab dari obrolannya yang hangat. Oh iya, disini juga ada tarif khusus buat anak sekolah, yakni cuma Rp.1000-Rp.2000 aja sekali jalannya. Terharu :')

Setelah satu setengah jam perjalanan, yang artinya molor tiga puluh menit. Akhirnya kami tiba di Pasar Gombong. Gue yang udah prepare banget nyari bus jurusan Gombong-Cilacap tiba-tiba diajak masuk bus elf sama Abang. Disini salahnya, Abang malah nanya sama kernet bus yang notabene pasti menaikkan penumpang manapun ke bus nya tanpa peduli apakah tujuannya sama apa engga. Gue akhirnya nanya sama penumpang sebelah, katanya ini bus elf engga nganter ke Cilacap, tapi cuma sampe Kroya. Bete lah gue karena Abang ngga nanya gue dulu. Tapi gak lama sih betenya, masa mau liburan malah bete. Abang juga keliatannya lega liat gue udah ga bete lagi soalnya dia langsung lanjut tidur, terus gue bete lagi ditinggal tidur. Pft.
tips buat kalian para pejalan, usahain jangan tanya alamat ke kernet atau supir bus, karena mereka jarang jujur. Mending tanya sama petugas dishub, Polisi, atau sama penjaga warung

Satu jam lebih akhirnya kami diturunin di perempatan Kroya, kata mamangnya kita harus naik bus ukuran sedang yang pintunya dua (artinya bukan bus besar maupun elf, karena elf pintunya cuma satu). Kami pun nurut dan mulai jalan menyebrang. Sepuluh menit nunggu dan ngga nemu bus aja, Abang ngajakin neduh sekalian cucimuka di sebuah Mesjid di seberang jalan. Gue nurut aja sekalian pengen pipis. Tapi lupa mesjidnya ngga di foto soalnya takut busnya keburu dateng. sekitar 30 menit nunggu akhirnya dateng juga deh itu bus. Ternyata jurusannya Purwokerto-Maos-Cilacap. Gue sampe make sure beberapa kali sama mamangnya apa bener ini bakal nganter ke pantai Teluk Penyu. Sang kernet cuma manggut-manggut sok asik.

Setelah di perjalanan nemu Pasar Cilacap, baru deh gue tenang. Abang udah sedari tadi nyuruh tidur cuma gue mana tenang kalo belom tau medan begini. Jadi lah Abang Wira ganteng ini yang tidur sok ganteng kayak biasa. Begitu bus melewati gapura bertuliskan "Selamat Datang Di Kota Cilacap", gue masih bingung ini mana kotanya, lah gue sedari tadi gapura cuma lihat hutan dan pepohonan. Tapi nggak berapa lama gue masuk lagi semacam gapura kompleks, dan ternyata ini isinya semacam komplek besar karena ada lampu lalu lintas dan ada angkot seliweran, ooh jadi ini kotanya toh.

Bus menepi di terminal Cilacap dan gue masih harus melanjutkan perjalanan ke pantai Teluk Penyu. Gue sama Abang langsung sigap nyari petugas Dishub untuk tanya akses ke pulau Nusakambangan. Beberapa supir angkot becandain gue nanya mau ngapain ke Nusakambangan, dikiranya gue mau jenguk siapa gitu :))
Bapak Dishub ngasih tau katanya suruh naik kol warna kuning, maafin gue lupa jurusannya apa. Yang jelas itu kol (betulan berupa angkot, mereka sebutnya kol) akan nganter kita ke pantai Teluk Penyu atau Benteng Pendem. Sang supir kol nyaranin biar gue turun aja di Benteng Pendem supaya deket ke penyebrangan. Karena kita duah ditipu beberapa supir dan kernet gue jadi agak trauma, akhirnya kita bersikeras mau turun di pintu masuk pantai Teluk Penyu.

Sampailah kami di pintu masuk Teluk Penyu, gak lupa bayar dan nanya-nanya cara ke Nusakambangan katanya mesti nyebrang dari Benteng Pendem. Disitu gue langsung ngerasa firasat gue tentang supir kol tadi salah. Ternyata bapak supir kol itu emang ngasih tau info yang bener. Maapin ye pak! Kami yang udah kelelahan langsung ngedrop aja begitu tahu katanya ongkos nyebrang ke pulau Nusakambangan mahal. Tapi kita udah terlanjur sampe jadi ya dinikmati aja. Gak lupa gue sama Abang berfoto di depan tulisan Teluk Penyu biar nge-hits!
Jalan menuju pantai Teluk Penyu

Pasir pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu ini mungkin lebih kelihatan sebagai pantai nelayan di awalnya, ditambah pasir pantainya yang hitam meskipun cukup bersih, bikin gue dan Abang ngga selera. Kami menyusuru pantai ke arah kanan karena katanya benteng Pendem nya ada di kanan, setengah perjalanan kami nemu rumah makan. Berhubung hari sudah siang, kami langsung masuk buat lunch. Menu yang kita order seperti biasa, ayam goreng, cumi saus lada hitam dan dua porsi nasi lengkap pake minuman dingin. Gak lupa kami nebeng nge charge power bank buat persediaan.

Selesai makan dan ngadem bentar kami lanjutin perjalanan ke arah Benteng Pendem, masih jalan kaki. Begitu sampai, suasananya mirip pantai Pangandaran yang ramai. Kami langsung disambut sama nelayan yang nawarin kapalnya untuk nyebrangin kami ke pulau Nusakambangan. Setelah bernegosiasi cukup alot akhirnya kami sepakat di harga Rp.100.000 satu kapal untuk mengantar kami menyebrang dan mengelilingi setengah pulau Nusakambangan, baru di antar ke pasir putih kemudian di jemput lagi, dengan catatan hanya kami berdua di kapal itu.

Pulau Nusakambangan

Gue sama Abang langsung sigap pake pelampung dan naik ke kapal. Kami di buat kagum dengan pemandangan yang ada. Pulau Nusakambangan ternyata sangat besar dan rimbun. Gue kira Nusakambangan itu cuma pulau kecil, ternyata gue salah. Sejauh mata memandang gue bisa lihat banyak kapal kilang minyak, pepohonan yang sangat rimbun, lautan yang luas, dan barisan sampah yang mengapung. Yes! Ada banyak sampah disini. Dari bungkus makanan, rokok, keresek, gue yakin pelakunya adalah mereka yang nyebrang pulau sambil buang sampah. Kadang gue bingung, kenapa warga Indonesia masih belum melek kebersihan?

Deretan kapal kilang minyak

Perbandingan kapal besar dan kecil

Karena kami cuma bayar setengah harga, maka pelayaran tidak sampai ke ujung pulau, dimana penjara terseram di Indonesia berada. Kami cuma mengitari setengah pulau tapi itu aja udah kenyang bangetsss. Akhirnya kami tiba di pintu masuk pulau Nusakambangan. Sebelumnya kami tuker nomer hp sama mamang nelayan buat minta jemput. Inget, jangan dulu bayar, nanti aja kalo udah sampe Cilacap, tar gak dijemput bisa melarat lo! Hahaha

Gue sama Abang langsung masuk melalui loket dan membayar biata retribusi Rp.5.000/orang. Ada satu buah stand didepan loket yang menjual batu khas Nusakambangan, asalnya gue mau beliin buat bokap, berhubung ngga ngerti barang gituan yaudah caw aja. Oh iya, disini ada kendaraan semacam odong-odong yang bakal nganterin lo muterin Nusakambangan kalo misal males jalan. Kami yang udah males jalan akhirnya naik dengan tarif Rp.5.000 sekali jalan per orangnya. Suasana disini betulan hutan rimbun. Kalo di Bandung semacam lagi hiking di Dago Pakar, cuma jalan disini lebih keras.

Naik odong-odong dulu

Halo mamang odong-odong!

Kami turun di belokan pertama, bapak supir odong-odong bilang ada pantai di belokan itu. Gue ga berhenti berdecak kagum. Dibalik pepohonan rimbun, ada pantai pasir putih yang sangat halus, dengan air yang cukup jernih. Airnya warna biru kehijauan. Pasirnya juga cukup bersih. Gue langsung nyiapin tongsis dan lens nya buat dokumentasi. Sementara Abang duduk-duduk sambil nyiapin kamera, dengan rokok tersulut di bibirnya.

Pantai Pasir Putih Pulau Nusakambangan

Ada satu accident akibat kecentilan gue disini. Pas gue jalan agak kedepan untuk main air, gue nenteng kamera sementara tongsis yang masih ada hp nya gue masukin asal ke saku tas. Walhasil, setelah dapet foto dari kamera, hp gue yang gak boleh banget kena air itu terjun bebas! Udah njerit keras dan dimarahin Abang, langsung sujud syukur bergitu tahu ipin gue baik-baik aja. Mukjizat banget ya Allah!

Ini hasil foto yang bikin ipin gue jatoh

Kenyang main air di pantai, gue nyusur pulau lagi, sambil senyum sama ibu warung yang ngetawain hp gue jatoh. Kalian gak perlu kuatir tersesat disini, sebab jalannya juga duah dibuat setapak dan jalurnya jelas. Cuma kalian mesti sabar karena disini gak ada sinyal sama sekali. Jadi traveler yang gila update pasti bete :))

warung di pinggir pantai
Berjalan lagi ke atas, kami menemukan sebuah bangunan tak berpintu, dan menduga itulah yang disebut Benteng Karang Bolong. Oke mari berfoto dulu disini meskipun auranya mencekam...

Hutan sepanjang Nusakambangan

Benteng Karang Bolong

Done with benteng-bentengan, kami kembali menemukan jalan kecil menurun, dan ternyata, heaven on earth! Ada pantai lebih luas dengan pasir lebih halus dan pemandangan lebih indah! Kali ini pantainya lebih ramai dengan saung dan warung-warung jajanan dipinggiran pantai. Gue sama Abang langsung istirahatin kaki dan memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat ciamik. Gue ga liat ada larangan berenang, tapi juga gak lihat orang yang berenang. Cuma ada cabe-cabean yang udel-udelnya pada kelihatan, dan celana gemes warna warninya. Si Abang pasti betah mandangin tuh rombongan sambel.

View pantai kedua

Don't forget to taking photos

Waktu sudah menunjukkan pukul 15.00. Kami buru-buru cabut dan nunggu odong-odong biar nggak usah jalan. Gak lupa sms mamang nelayan biar jemput. Naik ke kapal, kami jadi bahan tontonan, mungkin karena dalam satu kapal cuma berdua kali ya, atau karena gue dan Abang terlalu awesome :))

Sampai kembali di pantai Teluk Penyu, kami bayar mamang nelayan sambil bilang makasih. Jalan santai ke jalan raya sambil nanya bapak satpam sekitar situ buat naik angkot. Bapak satpam Pertamina itu bilang angkot disini cuma ada sampai jam 17.00. Gue cukup lega karena saat itu jam menunjukkan pukul 16.00. Stengah jam nunggu dan gak ada tanda-tanda bakal ada angkot lewat, gue udah deg-degan aja nih. Bapak satpam juga kelihatannya ga enak hati, nyuruh kami tanya warga sekitar. Ibu-ibu disitu langsung heboh bilang angkot terakhir udah lewat dari tadi...

Pikiran udah kalang kabut, buru-buru kami lari lari kecil menuju 'kota', sesuai arahan ibu-ibu di warung tadi. Gue udah hopeless takut banget gimana kalo gak kebagian angkot, masa mau jalan kaki sampe terminal? Mending gue balik lagi dah ke pantai. Sambil lari-larian cari angkot gue sedih banget liat warga sekitar yang lagi pada nongkrong, sementara gue ngegembel lari-larian dan Abang cukup jalan cepat. Maklum beda panjang kaki beda effort :))

Di ujung jalan akhirnya kami lihat angkot, gue yang dari lahir udah nelen TOA langsung teriak, "Mas! Ke Terminal, Mas?" dan dijawab anggukan sok ganteng sama si mamangnya. Alhamdulillah ya Allah rejeki anak sholeh, gue dapet angkot sampe terminal. Di perjalanan gue masih amaze sama 'kota' yang lebih mirip komplek besar ini.

Sampai terminal kami harus mengurut dada lagi karena ternyata udah ga ada angkutan ke Gombong, mana kakek gue smsin bilang dari Gombong ke Karang bolong udah ga ada angkot. Seketika nyesel kenapa kebiasaan di Bandung yang suka pulang sore karena banyak angkot ini mesti dibawa-bawa pas lagi ngetrip. Setelah tanya sana-sini, ternyata ada Bus dengan tujuan Cilacap-Yogyakarta yang melewati kota Gombong dengan tarif jauh dekat Rp.50.000. Meski berat hati, gue setuju sama Abang buat naik bus ini aja. Eh ternyata busnya juga udah penuh! Ya Allah gue mau nikah aja :((

Setelah kebingungan, gue coba tanya sama bapak Dishub, si bapak yang iba menawarkan sebuah ruang tunggu di terminal, berhubung bus paling pagi ke Gombong adanya jam 03.00 pagi. Baiklah, gue sama Abang menyerah. Entah ilham dari mana, bapak-bapak yang lewat ngasih tau katanya ada travel yang lewat ke Gombong di seberang jalan. Gak tunggu waktu lama kami langsung cabs!

Setelah bertanya dan make sure apakah memang lewat ke Gombong, akhirnya kami membayar ongkos travel Rp.30.000 per orang. Ternyata ini angkutan terakhir. Semuanya serba mepet! Hahahaha. Setelah lega, barulah kami bisa duduk agak relax dan minum sedikit. Pukul 18.30 angkutan travel tiba, kami naik dan langsung kaget dengan mobilnya yang cukup mewah dengan captain seat di tiap kursinya. Wiih di Bandung mana ada travel bagus cuma Rp.30.000 dengan jarak sejauh ini :))

Thanks God pukul 20.30 kami tiba di pasar Gombong dan langsung dikerubungi sama mas-mas ojek yang nawarin harga sangat fantastis! Rp.80.000 dua motor! Gils! Ongkos Bandung Gombong aja cuma Rp.35.000 bro! Mas-masnya minta di tawar, ketika gue minta untuk pake satu motor aja, mereka bilang tarifnya sama saja. Kami langsung nolak mentah-mentah dan kabur ke Indomaret. Jajan dan ambil duit sebentar, kami juga sebenernya bingung gimana caranya balik sementara hari udah sangat malem. Akhirnya kami coba keluar dari Indomaret sambil cari makan.

Ternyata di luar udah ada bapa-bapa nungguin dan tanpa basa-basi ngajak ke Karang bolong dengan tarif Rp.40.000 aja untuk satu motor. Males nawar lagi akhirnya kami sepakat naik ojek bertiga. Dengan gue dan Abang yang sibuk buka google maps, takut dibawa kabur sama nih tukang ojek. Singkat kata kami diantar sesuai tujuan, dengan selamat sentosa dan bulu kuduk merinding karena sepanjang jalan bau menyan.

Time to rest guys, see you di hari ketiga kami di Gombong yang ngujungin benteng Van Der Wijk, Gombong! Dan ini dia itinerary dan cost yang kami keluarkan hari ini:

Itinerary

• minimarket: 30.000
  • ojek ke rumah: 40.000/2 orang

Total cost day 2 di Gombong:  Rp.221.000

Worth to pay! see you on next post :)

1. hmmm, such an inspiring story for me... I really like to read this lovely and epic presentation in how to convey the message and both of your preoccupation there.. Curious to read another story!! ;)

1. It was a pleasure for me, thank you for visit! Curious to know who you are! :p