Popular Post

Friday 15 August 2014

Catatan Perjalanan Pantai Karang Bolong, Gombong, Kebumen

Bulan Juni kemaren, gue ngetrip ngedadak ke Karangbolong, Gombong, Kab. Kebumen untuk urusan keluarga. Karena takut bosen, akhirnya gue ngajakin Abang dan alhamdulillahnya dia bisa cuti 2 hari. Jadilah gue, Abang dan Grandpa pergi bertiga pake kereta ekonomi AC yang katanya sekarang udah bagus dan ada colokan listriknya (ini banget sih). Kami bertiga berangkat Jumat dengan kereta malam pukul 21.05 dari Stasiun Kiaracondong Bandung dan akan tiba sekitar pukul 03.34 pagi di Stasiun Gombong.

Gue yang udah lama banget ngga naik kereta api dan cuma sering lihat di jalan atau di tv cukup kagum sama keadaan kereta api sekarang, cukup bersih dan teratur padahal itu kereta ekonomi. Setelah check in (cie...) gue nunggu sebentar di lorong stasiun untuk kemudian masuk ke gerbong kereta yang akan nganter rombongan kami ke Gombong. Karena ini pengalaman pertama, gue cuma bisa tidur ayam sambil sesekali merhatiin tas takut ada yang ngambil dan merhatiin Abang sama kakek gue takut diculik.


Di dalem kereta gue dibikin gemes sama kelakuan seorang ibu-ibu yang duduk berhadapan sama gue, karena dengan seenaknya selonjoran kaki ke kursi gue. Semenit dua menit gue tahan, kesananya gue suruh turun aja dah tuh kaki. Bukannya ga sopan apa gimana, cuma please, di kereta ekonomi ini semua sama-sama bayar dan sama-sama duduk dengan kaki ditekuk, kalo tuh ibu-ibu mau nyaman kenapa gapake kereta eksekutif aja ya kan?

Singkat cerita finally gue sampe juga di St. Gombong dengan selamat, lengkap, dan tepat waktu. Begitu turun dan hari masih gelap, gue agak shock karena udah dikerubunin banyak bapak-bapak dengan bahasa yang sangat asing dan ngga gue mengerti sama sekali. Welcome to Central Java, say Hi to me from West Java! Yap gue yang ngga ada darah jawa sama sekali, asli Sunda dengan sedikit percikan darah Sumatera bener-bener dibikin kaget begitu sampe sini. Actually this is not my first experience, gue pernah ke daerah Yogya, Ngawi, Magetan, cuma baru kali ini bener-bener surrounding by javanese.

Kakek gue jelasin katanya mereka nawarin ojek, becak dan taksi gelap untuk nganter kita ke tempat tujuan. Cuma kami memilih buat jajan dulu di emperan Stasiun untuk kemudian berjalan sekitar 300m ke arah mesjid dekat Pasar Gombong. Gue nungguin Kakek dan Abang yang pergi shalat shubuh, sambil berharap segera dapet angkutan umum untuk nganterin gue ke rumah kerabat. Akhirnya jam 05.20 ada satu bus elf yang udah nongki dengan jurusan Gombong-Karang Bolong. Gue, Abang dan Grandpa langsung tancap gas naikin elf itu (orang sana nyebutnya angkot, sementara angkot seukuran mobil Carry disini disebut kol)

Perjalanan Gombong-Karang bolong makan waktu sekitar satu jam. Alangkah kagetnya ketika kami diminta ongkos sebesar Rp.15.000 per orang. Dua kali lipat dari tarif biasanya! Sang supir beralasan karena ini tarif malam, karena kita males ribut jadi ya kita relain aja deh tuh ongkos mudah-mudahan berkah buat mamang-nya. Ternyata rumah kerabat yang bakal gue tinggali selama beberapa hari kedepan deket ke pantai Karang Bolong, lumayan buat refreshing!

Sampe dirumah kerabat gue, kita langsung unpack barang-barang dan istirahat sejenak. Gue yang biasa dengan udara dingin di Bandung, mesti adaptasi dengan udara Gombong yang cukup panas ini. Kabar baiknya gue bisa mandi tanpa air hangat disini yeay! Habis mandi enaknya emang tidur kan ya, tapi sebelum tidur cantik gue sempetin buat mengagumi bapak-bapak disini yang bisa naik pohon aren tanpa safety tool dan bisa mendarat mulus ambil bawa jerigen berisi aren. Disini pohon aren memang jadi komoditi buat warga sekitar untuk dijadikan gula, hampir di setiap rumah pasti mengerjakan bisnis ini.

Seorang Bapak sedang mengambil aren


Jerigen yang digunakan untuk mengambil aren






Bapak ini mengambil aren tanpa safety tools


Dengan lihai naik turun pohon bawa jerigen

Kenyang tidur gue udah gatel pengen jalan-jalan, cuma liat Abang yang tidur sampe mangap bikin gue ga tega. Akhirnya gue dengan sabarnya nunggu Abang bangun sambil ngecek hp. Senengnya disini sinyal Indosat dan smartfren lancar jaya! Sejak pergi dari Bandung gue udah kuatir kalau-kalau ga dapet sinyal hp, bisa gawat ini urusan hidup dan mati. Lebay.

Sesorean kami dipinjemin motor untuk lihat suasana pantai Karang Bolong, gue dan Abang udah semangat banget langsung bawa kamera, tongsis, fisheye dan segala perabotan selfie buat mengabadikan moment. Ternyata jarak rumah ke pantai cukup deket, sekitar 10 menit pake motor kita langsung sampe di Pantai Karang Bolong yang sepi ini. Abang langsung taro motor di sebuah saung dan ditagih biaya parkir sebesar Rp.2000. Cukup murah mengingat biaya masuk ke sini gratis, habis tadi di loket ga ada orang dan ga ada palang pintunya.

Pantai Karang Bolong, Gombong, Kebumen

Pertama-tama gue kagum sama jejeran pohon rapi berbaris disepanjang pantai, ditambah pasir halus yang cukup bersih meskipun tidak berwarna putih. Kami ngga langsung main ke pantai karena mau lihat dulu Goa yang ada di area Pantai Karang Bolong ini. Yes, this is the reason why this place named Karang Bolong. Jadi Goa nya ini lah ikon pantai ini. Beruntung saat gue kesana, air laut lagi surut sehingga goa nya bisa gue masukin. Ada warung di dalem goa nya lengkap pake kursi dan meja. Kami cuma senyum ketika ditawari jajanan.






Pemandangan air laut dari Goa Karang Bolong

Gue sama Abang pun masuk ke goa dan melihat keindahan yang Allah SWT ciptain ini sambil berdecak kagum. dari dalam goa kita bisa lihat air laut juga benteng yang memisahkan pantai Karang Bolong dan pantai Suwuk. Kabarnya pantai Suwuk ini lagi naik daun makanya rame banget. Gue sih jujur kurang suka sama pantai yang rame macem gitu. Biasanya pantai yang ramai itu kotor dan udah kurang terurus. Biasanya, ya.

Mulut Goa Karang Bolong

Goa yang disebut Karang Bolong ini dulunya adalah sarang burung walet yang dikembangkan sama warga sekitar. Namun saat gue kesana kabarnya sarangnya udah dipindahin entah kemana. Goa ini akan tertutup air laut kalo lagi pasang, dan baru bisa dimasukin kalo air lagi surut kayak sekarang. Emang pas banget kali ya moment nya gue kesana ha ha ha.
Goa Karang Bolong











Tebing di Goa Karang Bolong

Kenyang ambil gambar dari goa, gue nyusur tebing dan naik untuk lihat pemandangan yang lebih yahud. Subhanallah, gue ga bisa berkata-kata. Pemandangannya indah. Sayang airnya kurang jernih dan ngga bisa dipake berenang karena katanya ombaknya besar. Gue sama Abang kenyang banget istirahatin otak dan pikiran dengan ngeliatin pemandangan gini. Beberapa keluarga juga ada yang singgah untuk main air, ada juga bapak-bapak yang nongkrong nunggu alat pancingannya berhasil menjerat sesuatu. 

Pantai Karang Bolong






Barisan Pohon Kelapa di Pantai Karang Bolong



















  


Kenyang main di pantai dan ambil gambar, gue buru-buru pulang sebelum hari makin gelap. Lagipula serem juga karena angin makin kenceng. Gue sama Abang cukup kecewa ketika pulang warung di sekitar rumah udah mulai sepi. Kata warga disini, aktifitas mereka emang cuma sampe jam 5 sore aja, dan baru mulai lagi jam 08.00-an. Widih bahagia banget penduduk sini! 





Anyway ini dia itinerary dan cost yang gue dan Abang abisin:

Itinerary:

  • Jumat
    • 21.00 : Masuk kereta Kutojaya Selatan, St. Kiaracondong
  • Sabtu

    • 03.30 : Tiba di St. Gombong
    • 05.20 : Naik bus elf Gombong - Karang Bolong
    • 06.20 : Tiba di Karang Bolong
    • 07.00 : Istirahat
    • 14.00 : Menuju pantai Karang Bolong
    • 16.00 : Pulang



Cost:

  • Tiket Kereta : 35.000/orang
  • Aqua : 5.000/orang
  • Sewa Bantal : 5.000/bantal
  • Sarapan : 5.000/orang
  • Ongkos Bus Elf : 15.000/orang
  • Parkir pantai: 2.000/motor



Total: Rp.67.000

Cost yang cukup murah karena guenya juga nginep gratisan di rumah kerabat. Oh iya, di Pantai Karang Bolong ini nggak ada penginapan atau hotel, mungkin ini sebabnya pantainya sepi :)
Next post gue bakal ceritain perjalanan selanjutnya ke Pulau Nusakambangan dan Benteng Van Der Wijk. See you!

No comments:

Post a Comment