Popular Post

Thursday 13 November 2014

Happy Father's Day to My First Love

Seumur-umur, ini kali pertama gue bakalan bahas tentang father's day. Yep, gue malah baru tau kalo tanggal 12 November itu National Father's Day. Gue cuma tau 22 Desember itu Mother's day, meskipun gue jarang juga ngucapin ke Ibu sih, apalagi ke Ayah.

Well, akhir-akhir ini gue suka jadi rada sensitif kalo denger sesuatu yang berhubungan sama ayah. Jujur gue pernah sangat dekat sama ayah. Mungkin dari lahir sampe masuk SD kali ya. Banyak memori gue sama Ayah yang sering suddenly crossed my mind. Mulai dari suka digendong, dibeliin sesuatu, diajarin banyak hal. FYI, kalo selama sekolah gue terhitung berprestasi, the man behind that actually my daddy. Ayah ngajarin baca dan berhitung sejak gue usia 2 tahun. That's why gue ga ada kesulitan sama membaca dan menghitung pas masuk sekolah. Masa sekolah dasar jadi sangat berat karena Ayah gapernah biarin gue dapet nilai dibawah 90, meskipun gak pernah muji juga kalo gue dapet nilai bagus.

Beranjak usia menuju remaja, perlahan gue mulai kehilangan sosok Ayah. Beliau makin sibuk with his job. Entah mulai dari kapan, timbul rasa ga suka sama Ayah. Mungkin semacam patah hati ya, ditinggal-tinggal gitu. Dan seinget gue, makin gede, Ayah makin galak sama gue. Mungkin tegas (maksudnya), tapi karena gue sama Ayah itu satu watak, kita jadi sering argue, gue sering ngerasa dibentak, dan Ayah sering ngerasa dilawan. Gue jadi mulai males ketemu Ayah, selalu ngerasa ngobrol sama Ayah adalah hal yang salah karena ujung-ujungnya bete, malah sampe nangis.

Memasuki usia 18-an, gue mulai sering kangen sama Ayah, tapi sangat gengsi untuk bilang. Ayah sering ngga pulang ke rumah. Di usia itu gue semacam kehilangan sampe ngerasa Ayah bener-bener gak ada buat gue. Sekalipun ada, gue jarang ngobrol banyak karena biasanya obrolan kita gak bertahan lama, berakhir dengan adu urat. Seringnya ayah tuh semacam ngalah dan pergi. Sering juga gue coba ajak ngobrol, tapi as always, Ayah jarang jawab. Kadang noleh pun engga. 

Usia 19 menuju 20, gue udah lebih mature dan melek. Dari semula yang sering kesel sama Ayah, jadi mulai coba ngerti dan berusaha untuk gak cari masalah. Tapi Ayah masih dengan watak keras dan gaya bicara nyolotnya bikin gue kadang masih ngerasa hopeless bakal bisa punya hubungan baik sama doi. Kadang gue ngerasa dicuekin dan ga diperhatiin, semacam ngerasa tidak dilindungi. Sampe pernah gue bilang kalo Ayah adalah orang yang paling gabisa diandelin kalo gue lagi butuh. Gue semacam 'kurang perhatian' dan kehilangan sosok Ayah. Oh iya, Ayah ini tipe orang yang dingin, jarang banyak omong, dan gak bisa milih kata-kata. 

Sering gue minta tolong sama Ayah, tapi beliau ngga bisa, seringnya nolak. Contohnya misal minta anter ke kampus. beberapa kali mungkin dianterin, sisanya disuruh pergi sendiri dan pulang sendiri. Sejauh apapun jarak yang harus gue tempuh. Gue nih ya, pernah tinggal di Antapani sementara kuliah di UPI yang notabene jauh banget. Saking hopelessnya gue sempet minta buat kost, tapi ayah ga pernah kasih izin. Pun ketika gue terpaksa harus cuti kuliah, dan jadi puncak dimana gue ngerasa ayah bener-bener isn't there for me. But then slowly I realized, Ayah bukan ga ada, tapi gak bisa. Ayah mungkin udah do many things tapi banyak yang failure. 

Setahun menjalani cuti kuliah bukan hal mudah buat gue, ada kalanya gue blame that to my dad, tapi kadang juga 'disadarkan' kalo Ayah udah do his best, cuma mungkin takdirnya udah kayak gini. Di masa cuti itu juga gue belajar buat cari kerja freelance, mulai jualan kosmetik, sampe coba bisnis online shop. Gue ngerasain bener susahnya cari duit. Gue masih inget banget pas hari pertama gue kerja di Kumon dan saat itu Ayah nyempetin jemput dan nanya, "Gimana Teh kerja hari pertamanya?", terus gue jawab, "Cape yah.". Then my dad answer, "Nah gitu Teh cari uang teh, cape dan susah". Dari situ, pertama kalinya gue denger keluhan keluar dari mulut seorang Ayah. Dan disitu juga gue ngerasa selama ini gue jahat banget sama Ayah. Sering bentak dan marah ngambek kalo Ayah pulang kerja.

Ayah yang biasanya keliatan ngegampangin suatu hal, yah yang gapernah liat muka gue tiap gue minta sesuatu yang belom bisa dia kasih, ayah yang selalu marahin kalo gue pulang malem, ayah yang nyuruh pergi kesana kemari 'sendiri aja pake angkot', ayah yang selalu nyuruh nabung biar cuma serebu perak sehari, ayah yang marahin kalo gue sering makan di luar, ayah yang selalu keliatan kuat, ayah yang udah mulai menua :')

Ayah yang gak pernah dapet birthday greeting dan gapernah ngucapin happy birthday to me (karena kata Ayah ulang tahun itu gak boleh). Ayah yang gak pernah muji gue didepan tapi selalu banggain gue ke temen-temennya. Ayah yang bela-belain gak tidur cuma buat cari uang yang susah itu. Ayah yang rela kerja apapun demi anak isteri. Ayah yang selalu nyuruh ibu neleponin kalo gue belom pulang. Ayah yang selalu nyuruh gue baikan sama ibu tiap kita habis berantem. Ayah yang gapernah mau dibeliin apa-apa kalo gue lagi punya duit.

Ayah, laki-laki yang paling bertanggung jawab yang pernah gue temuin di seluruh dunia. Sosok suami yang selalu ngelindungin isterinya, yang mendidik anaknya dengan 'caranya' dan berhasil. Ayah terbaik, role model, penguat hidup gue, dan satu-satunya motivasi gue buat terus bertahan dalam segala keadaan. Ayah yang jadi kebanggaan, jadi standar minimal buat cari calon suami. Ayah yang sekarang dikasih kepecayaan sama Allah untuk punya satu lagi putri kecil, yang mau gamau maksa gue buat jauh lebih siap untuk sering mengalah. I couldn't give anything but,

Terimakasih untuk semua paksaan, mendidik putrinya jadi dan semakin mandiri.
Terimakasih untuk semua ilmu-ilmu keren yang jadi bekal hidup banget.
Terimakasih untuk menjadi imam yang baik, mencontohkan hal baik dan buruk untuk ditiru dan dihindari
Terimakasih untuk punya cinta yang begitu besar untuk Ibu dan anak-anak
Terimakasih untuk tidak pernah mengeluh pada kami yang selalu banyak minta
Terimakasih untuk sering menghilang tapi tidak pernah benar-benar pergi
Terimakasih untuk begitu sabar dan besar hati, lapang dada dan gak pernah suudzon meskipun jatohnya sering ditipu orang

Terimakasih Yah, you'll always be my first love.


No comments:

Post a Comment