Popular Post

Thursday 22 January 2015

Catatan Perjalanan: One Day Trip Situ Cisanti




 Belakangan ini marak banget akun instagram yang recommend kamu banyak hal, mulai dari tempat makan, fashion street (OOTD), resep, tutorial, online shop sampe tempat-tempat yang worth to visit. Gue kebetulan follow akun yang suka re-gram (istilah di instagram untuk repost foto) tempat-tempat keren di Bandung dan sekitarnya. Kemudian suatu hari gue nemu ada orang yang post foto keren banget dan ternyata berlokasi di Situ Cisanti.


Situ Cisanti adalah sebuah danau cantik yang berada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Danau cantik yang sedang naik daun ini merupakan hulu dari sungai paling beracun di dunia, Sungai Citarum. Gue jadi keingetan bahwa jauuh sebelum gue nemu nama tempat itu di Cisanti, gue udah pernah liat ulasannya di kaskus, dan udah ajakin Abang untuk explore kesana. Ya you know lah ya belum kesampean aja sampe akhirnya awal Desember 2014 kemarin gue berhasil menggusur Abang, sekalian ngajakin dua temen kami buat gabung. Berangkatlah kami dengan 2 motor matic. Sebab dari info yang gue dapet jalan menuju Situ Cisanti yang ada di daerah Bandung Selatan ini cukup aman untuk dilalui kendaraan roda dua matic.
Gue sama Abang start dari rumah jam 06.30 an deh ya, telat karena mestinya udah caw dari jam 06.00 sesuai perjanjian. Temen kami, Dendi dan July udah stand by di meeting point kita (cie kek mau ke mane aje) di perempatan Buahbatu. Gak jauh dari pom bensinnya katanya ada surabi, gitu kata Dendi. Jadilah kami berempat jam 07.00 pagi sarapan surabi haneut dulu di pinggir jalan Buahbatu. Sekitar jam 07.30 an dua motor matic dipacu menuju ke Situ Cisanti. Takut keburu siang karena katanya makin siang makin rame tuh tempat kalo weekend.

Rute yang kami lalui yaitu terusan Buahbatu, terus masuk ke jalan Laswi Ciparay, belok kanan di terminal/pasar Ciparay menuju ke jalan Lembur Awi. Dari situ lurus terus aja ikutin jalan kurang lebih 25 KM kalian bakal ketemu deh sama pintu masuk Situ Cisanti. Hati-hati kelewat ya, soalnya waktu itu juga kita gitu hahaha jadi tuh terlalu anteng sama hamparan kebun teh sampe lupa tujuan utamanya mau ke Situ Cisanti. Pokonya tempatnya sebelum masuk ke kawasan Pangalengan.



Waktu kami ngetrip kesana, sedang dilakukan perbaikan di beberapa ruas jalan sekitar daerah Pacet. Uniknya mereka nerapin sistem buka tutup gitu, yang ditandai dengan dahan pohon melintang menghalangi pengendara yang mau melaju. Tapi mereka baik-baik kok. Nah nanti pengendara yang paling belakang itu dititipin bendera buat di estafet ke orang yang jaga portal buatan ini di jalur sebaliknya sebagain tanda jalur mereka sudah bisa di lalui. Lucu deh pokoknya. Berhubung banyak kena stop, dan kami emang menepi sejenak di pom bensin, kira-kira jam 10.15 siang barulah kami sampai di Situ Cisanti.

Di pintu masuk kami diminta biaya sebesar 15.000/motor. Belom termasuk parkir karena pas mau balik  tetep diminta 2ribu ahaha gapapa deh ya. Dari mulai parkiran udah kerasa deh dinginnya. Makanya pake jaket atau bawa scarf yah. Di pintu masuk itu berjejer warung sederhana, mushala, dan toilet yang kurang terawat. Bentukan dari luar sih, karena gue gamau masuk, takut hahaha. Berjalan sedikit kebawah menyusuri tangga dan kita akan sampai di pemandangan yang, subhanallaah. Sambil lihat foto-fotonya deh ya.


Kami mulai ngiterin arena, cielah, jalan sambil motret-motret gitu. Sialnya begitu sampe cuaca langsung keki gitu keknya, soalnya ujan gerimis fufu. Tapi hujan gerimisnya ngga berlangsung lama, berganti dengan panas dan pencahayaan cukup buat foto :))




Di pinggir Situ (dalam bahasa indonesia artinya danau), ada warung yang jualan kopi dan makanan alakadarnya. Jangan berharap warungnya bakal kayak di kota ya, warungnya sederhana gitu. Kalo kalian jalan lagi sedikit akan nemuin beberapa tempat dimana tanahnya tertutup rumput rapi dan cocok buat dipake nge-camp kayaknya. Gue juga lihat sisa-sisa orang ngecamp. Kawasan Situ Cisanti ini pasti belum dikelola dengan baik, sebab masih minim fasilitas dan kurang terawat. Sayang banget padahal sangat potensial buat jadi daerah wisata.



Kalo kalian muterin itu Situ, keknya makan waktu 1-2jam deh ya. Berhubung waktu itu kami penasaran sama mata air, yang konon ada di sekitar Situ, jadilah kami on fire banget jalan kakinya. Meskipun setelah tahu   mata air yang kami lihat dari youtube itu ternyata tidak dibuka untuk umum. Entah deh siapa yang boleh masuk. Dari sekitaran mata air itu kedengeran ada orang lagi pengajian di mushalanya. Kami pun terus jalan sampai hampir 3/4 nya, dan nemuin mata air yang lebih sederhana tapi tidak se-eksklusif yang sebelumnya. Girang deh tuh bocah tiga, guemah boro-boro ngerti begituan. Pokonya udah nemu spot foto bagus ya alhamdulillah.

Kami memutuskan buat istirahat sebentar sambil jajan baso tahu. Ada mamang-mamang yang jualan keliling gitu. Nah buat kalian yang mau ngetrip kesini disarankan buat bawa perbekalan kaya camilan dan air minum, atau mungkin bisa bawa tikar dan makanan berat. Soalnya disini ngga ada penjual yang menjajakan makanan lengkap, gue juga kurang yakin sama kebersihan makanan atau minuman yang mereka sajikan. But remember, jangan sekali-kali buang sampah sembarangan ya. Sedih banget lihat tempat seasri itu tapi sampahnya berserakan dimana-mana. Terutama di jembatan yang jadi ciri khas Situ ini. Meskipun disana minim fasilitas, gak ada tempat sampah, please kelola sampah kalian dengan baik ya.

Yep, setelah kenyang dan cukup istirahat, kami memutuskan buat segera ambil foto di jembatan yang ngehits banget itu. Di sekitaran jembatan berjejer orang-orang lagi duduk santai, sambil makan camilan, sambil lempar sampah ke danau, sedih ya :( Oh iya, waktu kami lagi muterin kawasan ini, kami juga lihat ada bocah yang masuk ke danau, entah lagi nyari apaan. Yang pasti gue salut abiss karena anak ini gak kelihatan kedinginan. Disamping itu banyak juga bapak-bapak yang lagi mancing dengan santainya.



Setelah kenyang foto-foto kamipun bergegas pulang karena cuacanya kembali mendung. Perjalanan pulang kami nggak lupa mampir dulu ke Koperasi di Pangalengan buat beli oleh-oleh dan makan siang sekitar situ. Lumayan dapet mie kocok seharga 16.000 buat menghangatkan tubuh yang keujanan. Harga camilan buat oleh-olehnya murah kok, masih sekitar 10-20 ribuan aja. Sementara susu murninya dijual mulai harga 3ribuan. Perjalanan selanjutnya mestinya sih explore lagi daerah Pangalengan, sayang cuaca makin tidak bersahabat. Jadi kami terpaksa nancep gas buat buru-buru balik ke Bandung.

So, buat kalian yang mau ngetrip juga ke Situ Cisanti, persiapkan segala kebutuhan dengan benar ya, dan jangan meninggalkan sampah dimanapun :)

12 comments:

  1. Reviewnya bagus ;D
    Belum kesampean mau ke situ Cisanti ini karena gada temen T_T

    mampir juga ya panggilsajaishal.blogspot.com ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa terimaakasih kak, cobain solo trip aja seru juga kok!
      Will visit yours soon! :)

      Delete
  2. Thank youuuuuuuuuuuuu banget post nya bisa jadi refference trip kesana heheh

    ReplyDelete
  3. Thank you for your complete and valuable information regarding situ cisanti, fella. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. My pleasure, thanks for visiting my blog:)

      Delete
  4. MCK na kumaha , lamun bade nge camp di pinggir situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir saya ke sana mah MCK di luar, deket parkiran dan kurang bagus

      Delete
  5. Halo ka, mau minta bantuannya untuk mengisi kuesioner tentang Situ Cisanti di http://goo.gl/forms/y1oBpcFBZH terimakasih banyak & maaf merepotkan :)

    ReplyDelete
  6. Kereeeennn.
    Detail banget review nya.
    Thx ya.

    ReplyDelete
  7. keren

    kapan bisa kesana..

    ReplyDelete